Selo , Mobil Listrik Super Karya Anak Bangsa


mobil listrik selo karya anak bangsa
Siapa bilang Indonesia tidak bisa membuat supercar? Tim modifikasi Kupu-kupu Malam sukses membuat supercar bertenaga listrik.

Mobil bernama Selo ini adalah rancangan rumah modifikasi asal Yogyakarta, Kupu-kupu Malam dan pengembangannya saat ini sudah dirangkul oleh Kemenristek.

Selo adalah mobil bertenaga listrik dengan motor listrik tunggal bertenaga 107 tenaga kuda. Jika baterainya terisi penuh, tenaganya bahkan bisa mencapai 170 tenaga kuda dengan RPM puncak 5.000.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan didukung dengan paket baterai 360V. Mobil dengan desain ciamik ala supercar Italia ini memiliki bobot sekitar 2 ton dengan struktur bodi dari serat karbon.

Selo bisa menembus kecepatan tertinggi hingga 200 km/jam dan pembuatannya memakan biaya hingga Rp1,5 miliar. Mobil ini dibuat bersama empat mobil listrik lainnya dengan waktu pengerjaan hanya memakan waktu sekitar lima bulan.

"Sebelumnya dibuat secara independen. Idealnya pengisian daya selama enam jam bisa menempuh jarak sekitar 300 kilometer. Pengoperasiannya mudah, sama seperti mobil matik biasa," ungkap Tatar Yoga Nugroho, Supervisor rumah modifikasi pada kegiatan uji coba kendaraan berbasis listrik di area Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jumat (22/11).

"Saya senang dengan desainnya, anak-anak muda pasti ngiler melihatnya. Mobil listrik dari sisi safety lebih bagus dari mobil biasa, apalagi tidak ada pencemaran," ujar Menteri Riset dan Teknologi

"Mobil riset memang mahal, tetapi ketika sudah diproduksi massal bisa turun 30% bahkan lebih. Belum lagi dukungan pemerintah seperti pengurangan pajak dan lainnya," imbuhnya.

Menurut Menristek, saat ini yang perlu dilakukan adalah pengujian langsung kendaraan berbasis listrik ini di jalan raya agar mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dari mobil.

Mobil listrik akan mulai diproduksi secara terbatas pada 2014 atau 2015. Pada 2016, bakal mulai diproduksi secara massal. Tetapi bukan mobil berjenis supercar ini yang akan diproduksi terlebih dahulu, melainkan bus listrik dan angkutan pedesaan sesuai arahan dari Presiden.

Cara Cepat Hamil

11 komentar:

Unknown mengatakan...

keren bentuknya kayak mobil kelas ferrari, listrik ternyata. Tapi harganya mahal ya? - teknologplus.blogspot.com

Penghuni 60 mengatakan...

Wow, yakin itu mobilnya sob, kereeeeen!

BTW, iklan yg ada disamping kiri mengganggu bgt sob... tolong ditata lagi, trima ksh

Cara Ririn mengatakan...

wah hebat sekali ya anak bangsa bisa membuat mobil listrik yang canggih tersebut :)

Adytiya Hari mengatakan...

keren//

Anonim mengatakan...

bentuknya keren yak.. kayak porsche :))

nina mengatakan...

ternyata anak bangsa kita cerdas2 , bisa membuat mobil listrik dan dengan desain yang sporty banget ,,, saya sangatt salut sekali ..

obat herbal amandel kronis tanpa operasi mengatakan...

mobilnya sangat keren
obat herbal amandel kronis tanpa operasi

obat herbal glaukoma kronis mengatakan...

patut dicontoh tuh
obat herbal glaukoma kronis

obat herbal keloid mengatakan...

inih artikel yang bagus
obat herbal keloid
obat herbal fistula ani

kapsul glow enhanz mengatakan...

mobilnya bagus , sukses yaa
kapsul glow enhnz

suplemen pelangsing badan mengatakan...

like artikelnya, info yang menarik :)
suplemen pelangsing badan

Posting Komentar

Selamat Datang di sukangenet, Terima kasih sudah berkunjung.

sebelum berkomentar, baca dulu peraturan berkomentar di blog ini:

-Gunakan bahasa yang sopan
-Dilarang spam, flood, junk, iklan, sara, sex
-Dilarang OOT / Out of Topic
-Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking
-Dilarang menaruh live link
*Terkecuali penting

Maaf jika komentarnya lama saya balas / tidak saya balas, jika mempunyai pertanyaan silahkan kontak saya di http://fb.com/aditiajuga.novit1