Hindari Makanan Ini Agar Tidur Lebih Baik

Hindari Makanan Ini Agar Tidur Lebih Baik
Sulit tidur di malam hari tak hanya dikarenakan padatnya kegiatan atau kondisi yang terus gelisah. Pola makan ternyata juga mempengaruhi susahnya tidur saat malam hari.

Untuk menjaga kualitas tidur, sebaiknya hindari 5 asupan berikut yang bisa mengganggu saat tubuh beristirahat. Menurut pakar diet dan penulis Eat Well and Be Fabulous, Shelly Redmond, R.D., berikut asupan yang dimaksud

1. Kafein

Kebanyakan orang sudah mengetahui dampak buruk kafein, yang menyebabkan mata tak bisa menutup walau jam tidur telah tiba. Sayangnya masyarakat hanya mengetahui kopi dan soda sebagai sumber kafein, dan tak menyadari lainnya.

Kafein juga terdapat dalam teh maupun obat yang dijual bebas. Bila seseorang sensitif terhadap kafein, sebaiknya pilih kopi non-kafein dan pastikan selalu mengecek obat yang dikonsumsi  8 jam sebelum tidur.

2. Alkohol


Sebagian besar orang menyangka, alkohol akan membantu rileks hingga kemudian bisa tertidur. Namun, menurut Redmond, riset membuktikan alkohol menyebabkan seseorang kerap terbangun di malam hari .

Alkohol juga menyebab frekuensi tidur REM berkurang. Padahal tanpa tidur REM mata tidak akan menutup. Untuk mencegah kondisi ini sebaiknya batasi konsumsi alkohol hanya satu gelas, dengan jarak 1-2 jam sebelum tidur. Sehingga, kualitas tidur tetap terjaga.

3. Air

Air memang baik untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun air punya efek samping, yaitu menyebabkan terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Kondisi ini mengganggu siklus tidur, terutama bila sudah memasuki tahap rapid Eye Movement (REM).

Untuk mencegah kondisi ini sebaiknya berhenti minum 60-90 menit sebelum tidur. Selain itu pastikan untuk tetap di tempat tidur selama jam tidur.

4. Makanan yang disimpan terlalu lama dan fermentasi

Makanan yang disimpan terlalu lama dan hasil fermentasi mengandung tyramin, yaitu asam amino yang merangsang kerja otak terus bekerja sepanjang malam. Ikan asap, daging olahan, dan keju yang disimpan terlalu lama mengandung tyramin.

Untuk mencegah sulit tidur sebaiknya hindari makanan tersebut. Bila ingin ngemil keju sebelum tidur, lebih baik pilih yang segar misalnya mozzarella.

5. Produk pangan berbahan tomat

Segala sesuatu yang mengandung banyak asam akan menimbulkan rasa terbakar dan tidak nyaman sepanjang malam. Contoh hidangan dengan tingkat asam tinggi adalah, makanan pedas dan berbahan tomat. Redmond menyarankan untuk menghindari makanan dengan asam tinggi, sedikitnya 3 jam sebelum tidur.

Cara Cepat Hamil

7 komentar:

Adytiya Hari mengatakan...

sehat mahal harganya..

lulu khoerunnisa mengatakan...

saya kira minum air itu bisa membntu melelapkan tidur , ternyata malah bisa mengurangi frekuensi tidur kita.

obat herbal glaukoma kronis mengatakan...

info yang sangat bermanfaat
obat herbal glaukoma kronis

obat herbal amandel kronis tanpa operasi mengatakan...

artikel yang membantru
obat herbal amandel kronis tanpa operasi

obat herbal keloid mengatakan...

infonya menarik
obat herbal keloid
obat herbal fistula ani

kapsul glow enhanz mengatakan...

Artikelnya bagus , sukses yaa
kapsul glow enhnz

suplemen pelangsing badan mengatakan...

like artikelnya, info yang menarik :)
suplemen pelangsing badan

Posting Komentar

Selamat Datang di sukangenet, Terima kasih sudah berkunjung.

sebelum berkomentar, baca dulu peraturan berkomentar di blog ini:

-Gunakan bahasa yang sopan
-Dilarang spam, flood, junk, iklan, sara, sex
-Dilarang OOT / Out of Topic
-Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking
-Dilarang menaruh live link
*Terkecuali penting

Maaf jika komentarnya lama saya balas / tidak saya balas, jika mempunyai pertanyaan silahkan kontak saya di http://fb.com/aditiajuga.novit1