4 Koleksi Emas yang Hilang di Museum Gajah Bernilai Miliaran Rupiah

Koleksi Emas yang Hilang di Museum Gajah
Koleksi Emas yang Hilang di Museum Gajah
Museum Gajah yang terletak di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dibobol maling. Empat koleksinya yang terbuat dari logam mulia emas dibawa kabur pencuri entah ke mana.

Dalam jumpa pers di Museum Gajah, Kamis (12/9/2013), Mendikbud menyuguhkan 4 gambar koleksi yang hilang, yakni Lempeng Bulan Sabit Beraksara, Lempengan Halihara, Lempengan Naga, dan Wadah Bertutup (Cepuk).

Dalam suguhan proyektor, Lempeng Bulan Sabit bentuknya mirip dengan bulan ketika dalam fase sabit. Lempengan Halihara berbentuk lempengan emas dengan ukiran pria dewasa di salah satu sisinya.

Lempengan Naga Berbentuk mirip kepala hewan khayalan itu. Lalu yang terakhir adalah Wadah Bertutup (Cepuk) dengan bentuk seperti wadah terbalik.

Semua koleksi Museum Gajah itu berukuran kecil, tidak lebih dari 10 cm. Tidak perlu alat atau tas besar untuk membawa kabur koleksi tersebut keluar Museum Gajah.

Polisi saat ini sedang memeriksa kamera CCTV yang terdapat di ruangan. Benda purbakala itu hilang di lantai 2, diduga benda itu dicuri tengah malam.

4 Koleksi emas peninggalan Museum Nasional atau Museum Gajah di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta raib digondol pencuri. Benda peninggalan Mataram kuno dan Majapahit itu ditaksir bernilai mahal bila dijual.

"Kalau tengkorak saja bisa dijual Rp 8 miliar, kalau yang ini kita nggak tahu berapa M (miliar-red)," kata Dirjen Kebudayaan Kacung Maridjan dalam jumpa pers di Museum Gajah, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Pencurian ini baru diketahui pada Rabu (11/9) pagi. Pihak museum baru melaporkannya pada pagi ini karena mesti memastikan di bagian penyimpanan apakah benda abad ke 10 itu benar-benar hilang.

"Bentuk benda ini kecil, nilai emas tak seberapa, tapi yang sangat mengalami kerugian adalah sejarah, yang dinilainya sejarah," tuturnya.

Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di sukangenet, Terima kasih sudah berkunjung.

sebelum berkomentar, baca dulu peraturan berkomentar di blog ini:

-Gunakan bahasa yang sopan
-Dilarang spam, flood, junk, iklan, sara, sex
-Dilarang OOT / Out of Topic
-Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking
-Dilarang menaruh live link
*Terkecuali penting

Maaf jika komentarnya lama saya balas / tidak saya balas, jika mempunyai pertanyaan silahkan kontak saya di http://fb.com/aditiajuga.novit1